Selasa, 10 Maret 2020

Pedoman Penilaian Pembelajaran K13 Diktara dan Format Rapor Excel



Wangi-Wangi, (10/03/2020) Pada Desember 2019 Direktorat Pembinaan Pendidikan Kesetaraan sudah mengesahkan Pedoman Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan. Terbitnya pedoman tersebut menjawab keraguan sebagian kalangan terkait dengan penilaian hasil belajar pada kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan yang berbasis modul. Penyajian nilai pada laporan hasil belajar (rapor) tidak lagi disajikan nilai semester tetapi disajikan nilai modul baik untuk nilai capaian hasil belajar pengetahuan dan nilai capaian hasil belajar keterampilan setiap mata pelajaran.
Untuk mendapatkan Pedoman Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan dapat diunduh tautan ini. Di samping itu bisa juga disimak kembali artikel berikut ini.
  1. K13 Diksetara: Penilaian Berbasis Modul, Tidak Ada Ujian Semester
  2. Tantangan Penilaian Hasil Belajar Dimensi Keterampilan Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan
Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis laporan hasil belajar kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan.
  1. Satuan pendidikan harus sudah menetapkan bobot satuan kredit kompetensi dan kriteria ketuntasan minimal setiap mata pelajaran. Pemetaan satuan kredit kompetensi (SKK) dan kriteria ketuntasan minimal (KKM) disajikan dalam Dokumen I KSTP.
  2. Rapor disajikan setiap paket kompetensi. Satu paket kompetensi setara dengan satu semester.
  3. Nilai yang disajikan pada setiap mata pelajaran kelompok umum adalah nilai modul, 3 modul untuk paket kompetensi ganjil dan 2 modul untuk paket kompetensi genap. Kecuali mata pelajaran PPKn Paket B paket kompetensi genap terdapat 3 modul.
  4. Nilai yang disajikan pada setiap mata pelajaran kelompok khusus adalah nilai paket kompetensi. Bukan nilai modul. Mata pelajaran kelompok khusus terdiri dari Pemberdayaan, Keterampilan Wajib dan Keterampilan Pilihan.
  5. Setiap mata pelajaran, baik kelompok umum dan kelompok khusus) disajikan dalam angka dan predikat (A, B, C atau D).
  6. Setiap mata pelajaran, baik kelompok umum dan kelompok khusus) wajib menyajikan nilai pengetahuan dan nilai keterampilan.
  7. Nilai capaian hasil belajar sikap spiritual dan sikap sosial disajikan setiap paket kompetensi dalam predikat dan deskripsi.
Untuk mengunduh format laporan hasil belajar (rapor) kurikulum 2013 baik format Excel maupun pdf dapat diunduh tautan berikut ini.
  1. Rapor Paket A Setara SD Excel
  2. Rapor Paket B Setara SMP Excel
  3. Rapor Paket C Setara SMA Peminatan IIS Excel
  4. Rapor Paket C Setara SMA Peminatan MIA Excel
  5. Rapor Paket C Setara SMA Peminatan IBB Excel
  6. Rapor Paket A Setara SD pdf
  7. Rapor Paket B Setara SMP pdf
  8. Rapor Paket C Setara SMA Peminatan IIS pdf
  9. Rapor Paket C Setara SMA Peminatan MIA pdf
  10. Rapor Paket C Setara SMA Peminatan IBB pdf 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tim GTK Madrasah Wakatobi Raih Juara Merangkai Bunga di Ajang Porseni Madrasah Bersahabat Tingkat Sultra 2022

  Wangi-Wangi, pkbmpongingila – Kontingen Guru dan Tenaga Kependidikan  (GTK) Madrasah Kementerian Agama  Kabupaten Wakatobi berhasil meraih...